Kategori
Berita Lingkungan

Cara mendaur Limbah Dapur untuk Pupuk Organik Cair Tanaman

Limbah rumah tangga umumnya berasal dari sisa potongan sayuran, tulang ikan, lauk yang sudah basi, atau bumbu dapur yang sudah tidak layak dikonsumsi. Biasanya, limbah ini akan menumpuk di tempat sampah setiap harinya dan menjadi salah satu permasalahan lingkungan.

Melansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian, Kamis (3/2/2022), sebenarnya limbah rumah tangga ini bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Limbah rumah tangga bisa diolah kembali menjadi pupuk organik cair yang bisa diaplikasikan pada tanaman. Bagaimana caranya membuatnya? Simak ulasannya berikut ini. Kompos dari teh celup dan sampah dapur Lihat Foto Kompos dari teh celup dan sampah dapur(Shutterstock/Karidesign) Bahan yang diperlukan: Limbah organik rumah tangga (berupa sisa sayur, ampas kelapa, sisa ikan, daging, dan sebagainya) Air bersih Air tebu atau air gula pasir Cairan em4.

Cara membuat pupuk organik cair Potong sampah organik Cincang sampah-sampah organik yang sudah dikumpulkan dan tempatkan pada satu wadah. Siapkan wadah Siapkan tong plastik atau sejenisnya yang memilki penutup bersama dengan kantong plastik dan beri lubang satu sentimeter untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam tong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cara Memanfaatkan Limbah Dapur untuk Pupuk Organik Cair Tanaman “, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/03/084900676/cara-memanfaatkan-limbah-dapur-untuk-pupuk-organik-cair-tanaman-.
Penulis : Aniza Pratiwi
Editor : Esra Dopita Maret

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: