Kategori
Berita Lingkungan

Single Parent : ‘Sulap’ Sampah Eceng Gondok Jadi Cuan Puluhan Juta

Sampah bagi sebagian orang mungkin hanya limbah yang tak punya nilai sama sekali. Berbeda jika di tangan warga Kediri Agus Praptina (62), sampah dedaunan dan kain perca bisa menjadi produk bernilai jual dengan merek usaha bernama Cabhi Craft.

Ide kreatif tersebut awalnya muncul di 2014 dari kepeduliannya terhadap kain sisa hasil potongan yang biasa di tukang jahit dan sampah eceng gondok yang banyak di dekat rumahnya. Dari situ dia menjadikannya aneka kerajinan seperti beragam dompet hingga tas untuk suvenir, dan produk ecoprint lainnya.

“Limbah perca penjahit itu kan sisa potongan banyak, cukup banyak yang dibuang dan dibakar. Akhirnya saya manfaatkan untuk aneka dompet, tas ternyata banyak pasar bisa menerima. Terus tempat saya itu ada Sungai Brantas di Kediri, itu eceng gondoknya banyak sekali kalau musim hujan pasti sering banjir. Akhirnya masyarakat sekitar penyedia eceng gondoknya dia yang mencari, saya yang beli, akhirnya diterima pasar juga,” kata Agus kepada detikcom, Selasa (26/7/2022).

Baca artikel detikfinance, “Single Parent Ini ‘Sulap’ Sampah Eceng Gondok Jadi Cuan Puluhan Juta Rupiah” selengkapnya https://finance.detik.com/solusiukm/d-6199927/single-parent-ini-sulap-sampah-eceng-gondok-jadi-cuan-puluhan-juta-rupiah.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: